MY KULIAH

Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya

PENGERTIAN METODE PENELITIAN

Metode penelitian memiliki peran strategis di arena akademik, perguruan tinggi, sebagai basis pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibangun berdasarkan paradigma pengetahuan ilmiah. Tradisi keilmuan rasional positivistik yang menjadi platform pendidikan saat ini menjadikan berbagai bidang keilmuan dan vokasional yang diajarkan sejak jenjang taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi selayaknya dibangun berdasarkan temuan-temuan dan konstruksi ilmiah.

Penguasaan bidang yang satu ini menjadi menu wajib bagi calon-calon ilmuwan, sarjana. Predikat kesarjanaan umumnya menuntut kontribusi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian ilmiah, berupa skripsi, tesis atau disertasi. Kontribusi mereka selanjutnya dalam pengembangan ilmu dan penyelesaian berbagai persoalan humanitis melalui sîrah ilmiah juga tidak mungkin dilepaskan dari bidang yang satu ini.

Dari ribuan sarjana (ilmuwan) pendidikan yang lahir di negeri ini seharusnya ada ribuan masalah pendidikan yang berhasil dijelaskan atau dipahami melalui penelitian ilmiah. Melalui penelitian ilmiah mereka, seharusnya lahir ribuan preskripsi ilmiah yang berhasil dibangun untuk mengatasi berbagai persoalan dan mengembangkan beragam teknik, strategi pendidikan.

Sofistikasi berlebihan terhadap penelitian sebagai ilmu, metodologi, maupun keahlian ilmiah telah menjauhkannya dari tradisi dan alam pikiran kalangan akademisi. Akibatnya, penelitian yang mestinya menjadi “trade mark” akademisi belum ditempatkan sebagai kebutuhan pengembangan ilmu, melainkan masih disikapi sebagai beban, atau bahkan sekedar prasyarat penyelesaian studi. Selain karena persoalan pemahaman yang lemah, hal ini tidak lepas dari berbagai kesalahpahaman atau kesalahan persepsi mengenai “apa” yang dimaksud dengan metode penelitian.

Padahal masalah definisi atau pengertian merupakan persoalan substansial yang menentukan seberapa tepat pemahaman dan operasionalisasinya. Kesalahan dalam memahami sudah barang tentu dapat berakibat fatal. Kesalahan konsep tersebut dengan sendirinya akan menimbulkan banyak masalah dalam penerapannya.

Para calon peneliti pada umumnya sudah mengalami kesulitan sejak menentukan tema penelitian. Tema penelitian yang sebenarnya merupakan persoalan paling elementer dalam dalam penelitian ilmiah sudah menjadi masalah bagi mahasiswa sejak awal. Padahal judul penelitian hanya sebagian kecil dari sekian banyak persoalan penelitian. Sesudahnya mahasiswa masih dituntut mengkonstruksi problem akademik, signifikasi penelitian, kerangka konseptual, teoretik, metodologi hingga penyusunan laporan yang masing-masing menuntut kekhususan penguasaan konsep sekaligus operasionalisasinya. Kegamangan yang banyak dihadapi mahasiswa dalam menentukan judul penelitian dengan sendirinya mencerminkan kegamangan pemahaman terhadap topik permasalahan yang akan dapat digarap sebagai lahan penelitian, sekaligus pemahaman mereka terhadap konsep dan operasionalisasi metode penelitian. Irfan Tamwifi

October 26, 2008 - Posted by | Metode Penelitian

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: